Friday, August 22, 2014

Review

Ga kerasa liburannya udah mau selesai..
Ga kerasa sebentar lagi jadi mahasiswa tingkat 3..
Cepet banget rasanya...

Planning untuk setahun ke depan rasanya juga ga banyak. Harapannya buat kedepannya bisa kuliah lebih baik, belajar lebih banyak, hidup lebih teratur & berkualitas, sambil tetap melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan (yang saya pilih sendiri tentunya). Apa saya bikin Happiness Project sekalian aja ya? hehe Tapi biasanya kalau terlalu direncanain nanti malah hilang keseruannya. Yang jelas, setahun kedepan ingin lebih serius "merawat" minat-minat saya :D


Kemarin saya baca buku. Judulnya "Steal Like An Artist", penulisnya Austin Kleon. Tenang aja, buku ini bukan cuma buat seniman kok, tapi bisa diterapin sama semua orang. Dan ini beberapa poin yang saya menarik perhatian saya:

  • Bersekolah atau tidak, belajar selalu menjadi tugasmu.
  • Rasa ingin tahu adalah kunci utamanya. Perhatikan berbagai hal. Buru semua referensi dan telusuri lebih dalam dibandingkan siapa pun. 
  • Kumpulkanlah buku, walaupun tidak langsung kamu baca. Buku-buku yang belum dibaca adalah asetmu.
  • Bawalah buku catatan dan pulpen ke mana pun kamu pergi. Biasakan mengeluarkannya lalu catat hasil pemikiran dan pengamatanmu. Salin kalimat favorit dari buku.
  • "Pura-puralah sampai berhasil"
  • Proyek sampingan dan hobi itu penting
  • Jangan kehilangan jati diri. 
  • Miliki kalender
  • Miliki buku catatan
  • Pasangan yang tepat
  • Jalan-jalan
Bahkan di buku kaya gini ada bagian yang membahas pasangan lah hehe. Namun, pasangan di sini ga cuma berarti pasangan hidup aja, tapi juga rekan bisnis dan sahabat-sahabat.

Tentang proyek sampingan, saya setuju sama penulis. Katanya,
"Proyek sampinganlah yang sesungguhnya berpotensi. Proyek sampingan yang kumaksud adalah ketika kamu mengira hanya bermain-main. Kegiatan tanpa beban. Itulah yang bagus sebenarnya. Saat itu lah keajaiban berlangsung."
Terus tentang jangan kehilangan jati diri, penjelasannya ditulis seperti ini:
Bila ada dua atau tiga hal yang kamu minati, jangan merasa harus memilih. Jangan ada yang dikesampingkan. Rawat semua minatmu selama hidup

Yap. Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat & terima kasih sudah membaca :))

No comments: