Wednesday, August 27, 2014

Pecah Telor, Auditor Jodoh, Dan Mendesain Hidup

Yup, kali ini saya pengen ngebahas tentang "Pecah Telor". Saya ga tau sih sebenernya istilah ini asal muasalnya gimana, tapi menurut KBBI artinya berhasil untuk pertama kalinya mendapat angka (spt dl permainan bulu tangkis, tenis meja). Dan entah kenapa di lingkungan pertemanan saya, istilah ini cenderung merujuk kepada pemecah rekor nikah (siapa yang berhasil nikah pertama maksudnya). Jadi kali ini saya bahasnya ke pecah rekor nikah ya, biar hits (kan sekarang lagi ngetrend bahas munakahat). 

Contoh penggunaan pecah telor yang diambil dari percakapan di sebuah grup angkatan
X : region A udah ada yang nikah, region C udah ada juga. region B kapaaan?
Y : Nikah sana Z, biar region kita pecah telor
*biasanya chat-nya si Y bakalan di copas chat berkali sama yang lain, biar timbul kesan menggema. Copasnya juga ga nanggung-nanggung, ga cuma di grup region aja, tapi di grup pusat juga*
Yang tabah ya, Z hehe. Pernah juga kejadian chat kaya gini
X : LANGSUNG DAH PECAH TELOR!!
Y : lah udah sering kali pecah telor
Y : literally....
X : mecahin telor :v 
source

Sedikit cerita tentang hari ini: 
Pagi-pagi saya kuliah audit, dosennya ngasih contoh auditor dan perannnya dalam membantu seseorang mencari jodoh. Misalnya ada seorang wanita (W) dan pria (P) yang sama-sama sedang mencari jodoh. Baik W dan P tidak hanya ingin mengetahui yang bagus-bagusnya aja, tapi juga kekurangan-kekurangan yang kadang ga ditampilkan oleh pasangan. Terus dosen saya ngasih contoh kalau mereka bisa sewa jasa auditor buat mengecek hal-hal yang ingin diketahui. Katanya "Harusnya jangan cuma ada biro jodoh aja, sekalian adain jasa auditor jodoh.." Saya cuma bisa ketawa deh haha

Pas siang, kelas RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak. Dari namanya kayanya serem gitu, tapi ternyata si ibu dosennya seneng cerita deh hari ini. Terus sang ibu dosen bilang "Bikin perangkatan lunak perlu perencanaan, perlu desain, kalian juga tuh, perlu didesain hidupnya mau kaya gimana. Waktu itu saya punya teman yang udah punya pacar, terus saya iseng aja tanya 'mau punya anak berapa' ga sampe seperempat detik dia udah jawab 'mau punya 3 anak'. Kalian juga harusnya udah punya desain hidup kalian dong..."  ga sia-sia emang duduk di baris pertama #eh

Terus ada lagi, masih dari kuliah RPL juga. Ada istilah KISS yang merupakan akronim dari "Keep It Simple, Stupid!" Nah untuk tau apa itu definisi dari KISS yang dimaksud, saya mengutip dari halaman Technopedia 
The "keep it simple stupid" (KISS) principle is a design rule that states that systems perform best when they have simple designs rather than complex ones. KISS is not meant to imply stupidity. On the contrary, it is usually associated with intelligent systems that may be misconstrued as stupid because of their simplistic design. The KISS Principle hinders and/or prevents creeping featurism, system failover and other IT issues. 
KISS is also an acronym for "keep it short and simple" and "keep it simple and straighforward".

Subhanallah sekali lah kuliah hari ini :")

Sekian dulu tulisan kali ini, masih harus mengejar desain lainnya nih ahaha  

catatan: saya nulis ini bukan karena saya mau buru-buru buat mengamalkan pelajaran fiqih bab munakahat ya, cuma sekedar menyesuaikan dengan trend obrolan anak jaman sekarang :p

No comments: