Saturday, January 31, 2015

Usaha Keras Tidak Akan Berkhianat

Bermula dari menonton film Whiplash yang mengingatkan saya ke masa-masa lomba di IC, saya jadi pengen berbagi sedikit cerita saya di sini

Waktu itu lomba saya di bidang fisika. Iya, ceweknya dikit banget di fisika, ditambah lagi dari keseluruhan anggota tim lomba (semua mata pelajaran) ceweknya cuma dikit. Kalau buat bidang fisika aja, saya satu-satunya cewek di tim. Kan di tim fisika ceweknya dikit, emang ga takut/serem jadi cewek sendiri?  Niat saya kan buat cari ilmu (di luar kelas), lagian dari semua bidang saya maunya fisika (daripada bidang lain). Di klub fisika itu saya menantang diri saya sendiri: seberapa jauh saya mampu berjuang di bidang ini, bidang yang sering dihindari oleh para cewek.

Saat itu juga saya agak bereksperimen sih: kalau saya belajar lebih rajin, lebih tekun, hasilnya bakal gimana ya? Kondisi awal saya pas itu, saya anggota cadangan buat suatu lomba (karena satu dan lain hal saya tetep ikut lomba juga). Kondisi akhir yang ingin saya capai dari eksperimen saya tadi: bisa berada di (minimal) peringkat 2 di klub fisika dari 5 orang yang ikut lomba (yang saya sebut kalimat sebelum ini). Eksperimen saya akhirnya berhasil. Yah, meskipun belum sampai dapat medali, tapi saya jadi punya keyakinan kalau usaha keras tidak akan berkhianat :)

No comments: