Wednesday, September 3, 2014

Mau Jadi Apa?

Sudah hampir dua minggu saya berkuliah di semester 5. Kalau S1 itu bisa selesai dalam 4 tahun, berarti saya udah setengah jalan..
Sudah di semester 5 dan saya masih bertanya-tanya "Mau jadi apa? Mau ngapain dengan ilmu di program studi ini?" 

Barusan saya blogwalking ke blog teman-teman, salah satunya blognya Fitri, terus nemu kutipan ini di postingan berjudul "Ibu Rumah Tangga, PhD" 
"Anak saya suatu ketika pernah bertanya, 'Pa, aku boleh nggak jadi ibu rumah tangga?' 
Saya jawab, 'Boleh, Nak. Tapi kamu harus sekolah setinggi-tingginya.' 
Mengapa demikian? Istri saya, dia dosen dan sudah kuliah sampai S3. 
Kalau untuk mengajar orang lain saja  S3, logikanya, masa untuk mengajar anak sendiri tidak dengan kualitas pendidikan tinggi?

Logika saya masuk, tidak?"  
- Pak Arief Munandar, suatu ketika saat NLC2014

Makasih banget Fit buat kutipannya, jadi termotivasi lagi :D

Yah, meskipun saya masih bingung mencari jawaban pertanyaan-pertanyaan tadi. Kadang juga muncul jawaban berupa keinginan-keinginan; pengen jadi profesi ini, pengen jadi itu, dsb. Intinya sih pengen jadi ahli atau expert di suatu bidang yang menarik (buat saya). Nah jadi, kalau saya belum nemu suatu profesi buat ngejawab pertanyaan saya, mungkin standard (minimal) jawaban saya akan sama dengan judul postingannya Fitri "Ibu Rumah Tangga, Ph.D." terus ditambah sama gelar hasil sertifikasi-sertifikasi gitu biar nama saya makin susah disebut. *peta hidup minta direvisi banget*

Sedikit cerita tentang kuliah semester 5 yang sedang saya jalani. Biasa aja sebenernya, kegiatan saya ga jauh beda dari semester lalu. Saya ambil 20 SKS, alasannya sederhana: saya ga gitu tertarik dengan kuliah lain dan buat matkul-matkul wajib tingkat 4, saya biarkan di tingkat 4. Alasan lainnya ya pengen menyeimbangkan hidup: kehidupan di kampus dan kehidupan yang saya mau, versi saya, hahaha muncul deh sifat "My Way"-nya orang-orang B. Kalau saya pribadi, saya ga merasa harus habisin sks cepet-cepet (InsyaAllah semua masih sesuai dengan timeline saya), yang penting saya senang dengan kegiatan belajar yang saya lakukan dan ga merasa terbebani hanya karena jadwal atau karena harus ikutan teman. Hal yang lebih menyenangkan dari semester ini adalah hari Jumat-nya libur jadi saya bisa me-time di hari itu hehe :D

Karena belajar itu menyenangkan,
Karena belajar itu ga cuma di kuliah~

No comments: