Tuesday, September 23, 2014

Ilmu, Usaha, & Kesuksesan

Terinspirasi dari tokoh-tokoh sukses yang saya baca biografinya, baik melalui buku maupun artikel di internet, ternyata mereka emang ga biasa hidupnya. "Ga biasa hidupnya" dalam artian mereka benar-benar memanfaatkan waktu mereka sama kegiatan-kegiatan yang produktif dan go the extra mile.

Tokoh pertama adalah Pak B.J. Habibie, presiden ke-tiga Republik Indonesia yang pinter banget (terbukti dari beliau bisa mewujudkan pembuatan pesawat oleh anak bangsa). Beliau mengatur waktunya sehari-hari seperti ini

Foto diambil dari buku Habibie: Tak Boleh Lelah dan Kalah!
Mau juga punya waktu berenang 2 jam sehari, tapi apa daya ._.

Tokoh yang ke-dua adalah Elon Musk. Saya baru baca biografinya kemarin setelah diberi tahu oleh teman saya. Elon Musk ini ternyata keren banget (menurut saya sih hehe), bahkan di beberapa artikel dia dianggap sebagai versi nyatanya Tony Stark (ada infografisnya disini). Elon Musk juga masuk ke dalam list "The 100 Most Influential People" majalah Time bulan April/Mei 2013 (yang ternyata saya beli dan masih disimpan di lemari, jadi baca lagi hehe). Tagline-nya "Elon Musk, Our escort to the future".

Elon Musk (jas putih) menjadi cameo di film Iron Man.
Sumber: www.wired.com

Istimewanya Elon Musk ini adalah masih muda (awal 40-an), brilliant & billionaire, dan perusahaannya ga main-main! Perusahaannya terdiri dari Tesla Motors, SpaceX, PayPal, & SolarCity. Kebayang ga sih harus ngurus segitu banyak perusahaan besar? 

Rahasia kesuksesan Elon Musk di usia yang terbilang muda? 
Beberapa artikel bilang kalau dia kerja 100 jam seminggu. Jadi ketika orang kebanyakan kerja 40 jam seminggu sementara si Elon Musk ini kerja 100 jam seminggu (ini bener-bener going the extra mile deh). Selain itu, ga mungkin dia ga punya otak cemerlang kalau ngeliat perusahaan-perusahaannya yang hi-tech tadi. Kecerdasannya ini ternyata udah persiapkan dari kecil salah satunya dengan banyak membaca. 

Dari kedua tokoh ini saya belajar beberapa hal kalau mau jadi orang sukses (yang super sukses)
  • Usahanya harus ekstra, harus manfaatin waktu buat hal-hal yang produktif (dan sesuai dengan tujuan/cita-cita), harus menempuh jalan-jalan ga biasa, the extra mile 
  • Persiapan harus dimulai sedini mungkin, makannya Elon Musk bisa sesukses itu dalam usia yang terbilang muda. Di Al-Quran pun sudah dijanjikan dan kita diperintahkan untuk bersegera memperoleh kemenangan
"Mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya"
Al-Mu'minun : 61

  • Ilmu itu penting. Kedua tokoh di atas ga perlu ditanya lagi lah ya mengenai kecerdasan dan kegemaran membaca dari kecil. Kebiasaan membaca ini yang menurut saya masih kurang di masyarakat kita, padahal membaca itu bisa membaca apa pun, membaca orang juga boleh kalau bisa. Padahal kalau baca berita di gadget, ga sampe 5 menit pun bisa. Kenapa kita masih engga membaca padahal untuk melakukan sesuatu harus diawali dengan memiliki ilmu? (Pada surat Al-Alaq, surat diawali dengan perintah membaca 'Iqra' dan ayat terakhir adalah perintah bersujud, dimana sujud merupakan 'amal' atau perbuatan terpenting dari shalat)
Kisah lain juga tentang pentingnya ilmu, yaitu suatu ketika Nabi Sulaiman diberi pilihan tawaran oleh Allah: Ilmu, Harta, Tahta. Kemudian Nabi Sulaiman memilih Ilmu. Dengan pilihan itu juga, akhirnya Nabi Sulaiman mendapatkan harta dan tahta. 
Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada salah dalam penulisan.
Semoga bermanfaat!


Post a Comment