Wednesday, May 13, 2015

Achievement Unlocked: Bikin Aplikasi Mobile dengan Unity

Halo halo~ 
sudah lama kayanya ga nulis dengan agak niat haha

Kali ini saya mau cerita tentang achievement unlocked yang baru terjadi haha. Jadi, semester ini saya ada mata kuliah wajib pengembangan aplikasi mobile. Denger-denger dari cerita kakak tingkat yang ambil matkul ini tahun lalu sih, tugasnya cuma sampai business plan. Eh ternyata.. yang tahun ini sampai jadi prototype game-nya yang artinya saya harus ngoding.. 
.
.
.
sendirian.


Udah lupa dengan perkodingan yang ada matkulnya pas awal-awal, rasanya udah lama banget! Ada sih semester kemarin, tapi itu scripting. Scripting itu ga sama dengan programming dan saya masih cenderung lebih suka scripting daripada programming. Jadi, bisa lah dikit-dikit ngetik code (biar ga kalah sama Karlie Kloss :p )

Kok bisa sih ada orang kaya gini.... (sumber: time.com)


Nah, terus gimana dong dengan tugas prototype ini. Udah dari awal rada males gitu kan sama kuliahnya karena satu dan lain hal (ini sebaiknya tidak dicontoh), tapi harus dikerjain juga. Dan karena temen-temen saya banyak yang bikin game pakai Unity, yaudah saya juga bikin pakai Unity. Biar kalau stuck ga tau harus ngoding apa, bisa minta bantuan teman-teman hehe~ Lagipula, Unity ini udah banyak dipakai buat bikin aplikasi mobile. Lumayan lah belajar pakai Unity dari sekarang, kali aja bisa kepakai buat nanti-nanti.

Berhubung saya tidak terlalu antusias untuk melakukan coding, saya merancang biar game saya ga perlu codingan yang ribet-ribet. Asal game-nya jadi dan bisa didemokan ke dosen aja udah cukup. Alhasil, saya membuat game kuis yang memang kodingannya itu-itu aja dalam waktu 2-3 hari (iya, ini ngerjainnya agak deadliner hehe). Ga full 2-3 hari juga sih, karena ngerjainnya juga disela dengan ujian dan persiapannya dan kegiatan-kegiatan lain. Itu pun bisa jadi cepet karena didukung bantuan teman-teman STI yang jago-jago dalam urusan perkodingan haha

Setelah coba-coba dan berpusing-pusing dengan Unity, Alhamdulillah prototype game saya kelar juga *nangis terharu*. Kesan setelah menggunakan Unity dan prototype game-nya jadi: Unity sebenarnya cukup menyenangkan (tidak semenyeramkan bikin game buat matkul PTI atau alstruk dulu) karena yang saya lakukan kebanyakan adalah drag and drop dari gambar yang udah jadi terus ditambahin fungsi, Ada juga fitur animasi kaya di after effect gitu. Awalnya emang bingung sih cara pakainya, tapi setelah diajarin teman akhirnya bisa juga haha. Saya belum jago sih, tapi hal ini menarik untuk dilanjutin, mungkin setelah ngoprek lebih dalam lagi (kapan ya? haha)

Dan ini adalah beberapa print screen dari game saya. Yup, bagi yang tau serial Doctor Who, latar game ini memang terinspirasi dari sana, cuma inti permainannya ya kuis tentang apa aja sih. Boleh lah ya masukin unsur Doctor Who, biar tambah semangat ngerjain tugasnya hehe 

Scene pertama
Bagian kuisnya
Kalau udah menang, nanti berhasil kembali ke bumi

Oke, sekian tulisan dari saya. Semoga bermanfaat :D 

Pesan dari Karlie Kloss:
"It doesn’t matter if you’re a fashion model or high school student, understanding code is so important because it’s the language that runs our world! Young women are shaping the world we live in and code is a tool for us to continue to have a big voice and say in our future."
(sumber: http://www.buzzfeed.com/kristinharris/karlie-kloss-launches-coding-scholarship#.jxo6WNv99Y)

se-ma-ngat!

No comments: