Sunday, May 25, 2014

Tugas CV Online

Hari kemarin resmi menjadi hari yang ajaib buat saya. Hari pemecahan rekor berada di depan laptop buat ngerjain codingan. Ga sepenuhnya ngerjain codingan sih, sempat diselingi dengan bikin hiasan-hiasan: animasi gif, edit foto, cari bahan desain, dan sebagainya. Saya mulai duduk di depan laptop dari pagi sekitar jam 8 pagi dan selesai hampir jam 12 malam. Empat belas jam dikurangi dengan waktu buat lain-lain seperti shalat, makan, dan lain-lain. 

Yang saya kerjain kemarin adalah CV untuk pendaftaran asisten. CV yang diminta ga boleh biasa atau dengan kata lain harus melibatkan codingan. Hiks. Saya kan tipe-tipe kalau bisa ngga usah ngoding. Terus efeknya, saya jadi perlu waktu lama buat ngoding padahal codingan-nya HTML dan CSS. Yah, saya masih cupu memang. Oh ya, proses ngerjain CV-nya juga lumayan deadliner soalnya dimulai di J-15 hehe *maafkan*. Yah, kalau deadliner itu udah biasa, yang jelas, saya heran sendiri karena bisa bertahan di depan laptop buat ngerjain tugas sefokus itu dan selama itu. Ga ngerti lagi :")

Bagian paling excited-nya adalah ketika ngerjain desain grafisnya :D Berkat kemarin, saya jadi coba-coba bikin animasi gif di photoshop. Hasil dari coba-cobanya dijadiin buat header CV online. Ini nih headernya:

Baru bisa bikin kaya gini :")

Ga perlu ditunjukin isi CV-nya ya, isinya kebanyakan bercanda (ga formal) hehe

Sekian dulu cerita dari saya,
Selamat berlibur :) 

Friday, May 16, 2014

Booklist #1

Di tengah-tengah musim UAS kali ini, ternyata saya masih bisa jalan-jalan ke toko buku. Kemarin, saya baru dari Gramed bersama keluarga dan sempet liat ada beberapa buku-buku baru yang menarik buat dibaca dan dikoleksi. Nah, ini buat list buku-bukunya:

"Habibie: Tak Boleh Lelah dan Kalah"


Ada pengenalan tentang buku ini dari penulisnya sendiri di sini

Buku kedua adalah buku kumpulan cerita Sherlock Holmes, tebalnya 950-an halaman dan harganya kalau ga salah hampir 200 ribu rupiah, tapi ga nemu gambarnya di internet nih.

Berhubung kemarin ga bisa lama-lama juga di sana, jadi cuma sempet notice ke dua buku ini. Kalau ada yang mau liat Booklist #0 saya ada disini tapi dengan judul berbeda : Wishlist: Books of 2014

Terima kasih sudah membaca :)

Belajar

"Udah belajar juga ntar dikasih nilainya bakal segitu-segitu aja" 
Ketika mendengar perkataan seperti itu, saya jadi agak terusik. Sangat disayangkan ketika proses kuliah dilakukan hanya untuk mendapatkan nilai. Kalau saya pribadi, saya terserah pemberi nilai mau kasih nilai berapa, mungkin cenderung tidak peduli. Lagipula, saya lebih mementingkan apa yang bisa saya dapat dari proses kuliah ini. Dan untuk beberapa mata kuliah, saya merasa belum dapat apa-apa. Ya, nilai memang penting, tapi kalau dipikirkan lagi, apa tujuan sebenarnya dari kuliah (belajar)? Apakah sekedar untuk nilai? 

image from here

Wednesday, May 14, 2014

About Lifetime Wish

Musim UAS kali ini terasa agak aneh. Biasanya, dimasa ini banyak ide-ide yang bermunculan dengan tiba-tiba kaya popcorn. eh?

Popping like popcorn.
source
: henryonpopart.typepad.com

Inspirasi yang datang tidak mengenal waktu atau memang ada efek musim UAS yang meningkatkan kreatifitas? :D

Hemm.. tapi di musim UAS kali ini saya lebih kalem, kalem banget malah. Pulang siang/sore, ga ada kumpul kepanitiaan/organisasi, paling cuma makan siang bareng aja. Sisanya ya di kosan, kalau ga belajar, tidur, atau mikirin masa depan. Duh.. 

Alhamdulillah bisa fokus belajar buat UAS ini :")

Yaa meskipun ada galau-galau mikirin masa depan sih. Tapi toh kegalauan itu ada buat dilalui, buat ditemuin jawabannya. Just keep looking for the answers!

Mungkin karena galau, saya jadi ga berminat dengan kegiatan-kegiatan lain dan jadi fokus ke UAS :p

Galauin apa sih? Masa depan. 
Di suatu titik, saya kembali bertanya pada diri saya sendiri. Tepatnya, saya banyak berdialog dengan diri sendiri, beberapa yang penting atau yang terlalu ruwet sampai ga mampu ditanggung lagi dalam pikiran, saya tuliskan ke dalam jurnal. Bukan masa depan yang ada hubungannya sama romance sih, tapi lebih ke masa depan yang kalau diistilahkan dengan istilah di The Sims 3 disebut "Lifetime Wish". 

Pertanyaan-pertanyaan seperti: "Mau jadi apa? Katanya mau jadi profesi yang lain? Tujuannya apa? Gimana step-step buat mencapainya?" terngiang-ngiang di pikiran dan membuat saya "terdiam" selama hampir 3 hari. Padahal ini bukan pertama kalinya saya mikirin tentang perencanaan masa depan hahaha.

dan mungkin benar bahwa life is about connecting the dots. Dari obrolan biasa, saya menjadi tergerak untuk mencari informasi tentang sutau hal. Dan siapa yang tau kalau informasi tersebut makin memantapkan saya kepada pilihan-pilihan yang diinginkan :))

Saya bukan orang yang bisa bergerak tanpa tujuan, meskipun kadang suka random, terlihat selow, tapi pada kenyataannya saya perlu tujuan yang cukup kuat untuk melakukan sesuatu (terutama untuk tujuan jangka panjang). Atau saya ga akan melakukan hal-tanpa-tujuan itu..

What is your lifetime wish?

Friday, May 9, 2014

Wednesday, May 7, 2014

Niat & Cara

Postingan malam ini berawal dari perbincangan malam ini dengan Madam, Maryam, & Arsy. 

Awalnya, Maryam lagi ngerjain tugas, Madam lagi baru selesai belajar, Arsy masih di kamarnya, dan saya lagi memainkan sebuah skenario di The Sims 3 di laptop hehe(gapapa lah ya, siang tadi kan habis pengumpulan tubes). Tiba-tiba, perhatian Maryam teralihkan dari laptop ke hpnya, cukup lama sampai akhirnya saya mengamati dan menarik kesimpulan: ini kayanya ada yang ga beres... 

Dan beneran ada yang ga beres ternyata..
Gimana ya jelasinnya...?

Mungkin bukannya ga beres, tapi kurang 'sreg' atau agak mengkhawatirkan (?). Ceritanya begini, Maryam baru dapet info tentang seseorang yang dalam waktu dekat ini mendapat tanggung jawab yang cukup berat dalam suatu acara yang cukup besar pula. Seseorang ini, sebut saja si X, baik Maryam dan saya sama-sama kenal dengan si X ini. Setelah Maryam menyampaikan info tadi, hasilnya adalah reaksi saya jadi sama dengan Maryam. Khawatir, dan cenderung ke tidak setuju karena beberapa alasan.

Sepertinya saya hanya bisa berharap agar orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut, niat dan caranya tidak hanya baik, tetapi juga benar. 

Tentang niat dan cara yang baik dan benar itu ga cuma buat di kegiatan tersebut aja, tapi berlaku juga buat kehidupan sehari-hari. Dan kalau menurut saya, niat ini harus benar-benar ditekankan dalam hati. Kenapa? Biar waktu ketemu godaan atau ujian yang sering kali muncul ketika kita berproses mencapai tujuan, kita tetap fokus dengan tujuan yang kita niatkan di awal.

oke, segini dulu tulisan dari saya. Kalau ada yang ingin ditambahkan atau diperbaikin, bisa langsung tulis di bagian komentar ya~

Night, Universe!
And don't forget to live your life to the fullest :))

Friday, May 2, 2014

Morin?

Kemarin malam, main ke kamar Madam. Ada Madam & Siti lagi belajar sesuatu yang ada hubungannya sama integral..

Terus tadi, ketemu Ali di M*D lagi belajar, ada rumus-rumusnya, kayanya sih rumus fisika. Pas sampai kosan, main ke kamar Arsy, Arsy-nya lagi belajar, ada grafik-grafik gitu....

terus saya jadi kepikiran, "Rasanya udah lama ga mikir...." 
rasanya selama ini belajar apa??? abstrak buat pikiran saya dan ga mendalam, udah lama banget ga ketemu soal fisika ataupun kalkulus hiks :(

Intinya, saya lagi kangen, kangen ngerjain soal-soal, belajar buat memahami fisika terutama. Entah ya, mungkin banyak yang ga terlalu suka sama pelajaran ini, tapi kalau menurut saya fisika itu seru soalnya banyak mikirnya #EdisiFilosofis

Apa harus buka bukunya Morin lagi? Mungkin bisa jadi pengisi waktu libur :p

Bukannya merasa salah jurusan, saya percaya Allah udah ngasih yang terbaik. Lagi pula, belajar tidak harus selalu dari kelas kan? bisa otodidak juga :))

Last but not least,

Selamat Hari Pendidikan! Semoga bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang suka membaca
&
 makin banyak buku-buku berkualitas untuk dibaca dan terjangkau oleh semuanya!
Amiin :))

*karena banyaknya tugas, lagi ga sempat kalau harus buat poster*

Sekian untuk kali ini,
Night, Universe!